Biografi CEO Tokopedia Wiliam Tanuwijaya

Biografi CEO Tokopedia tahukah kalian? Pasti semua orang suka belanja online di marketplace. Salah satu marketplace ternama buatan indonesia yaitu Tokopedia. Tokopedia kini telah berkembang pesat, dan sudah bergabung dengan Gojek menjadi GoTo.

GoTo berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia, juga berasal dari kata gotong-royong, yang merupakan semangat di balik persatuan ini. Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group GoTo. Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Dibalik kesuksesan Tokopedia sekarang, ada orang yang telah membesarkan nama Tokopedia yakni Wiliam Tanuwijaya. Pemuda asal Sumatera Utara merupakan pencetus berdirinya Tokopedia, salah satu E-Commerce terbesar di indonesia. Nilai valuasi tokopedia kini Senilai Rp102 Triliun.

Biografi CEO Tokopedia Wiliam Tanuwijaya

Nama : Wiliam Tanuwijaya
Lahir : 18 NOvember 1981, Pematang Siantar
Alamat : Jakarta
Pekerjaan : CEO Tokopedia
Pendidikan : Teknik Informatika, Bina Nusantara (BINUS)

Biografi CEO Tokopedia: Awal Mula Wiliam Menjadi Penjaga Warnet

Wiliam Tanuwijaya lahir di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Dia mengenyam pendidikan hingga SMA ia bersekolah di kampung halamannya, dan setelah lulus dari SMA ia memberanikan diri merantau berangkat ke Jakarta untuk melanjutkan studinya. Ia berhasil di terima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. Selama kuliah ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk dapat membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester II, ia bekerja sebagai panjaga warnet dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi.

William Tanuwijaya, Mantan Penjaga Warnet yang Menjadi Bos Tokopedia | kumparan.com

Biografi CEO Tokopedia: Awal Ide Tokopedia

Setelah lulus dari BINUS, ia bekerja di salah satu perusahaan uang bergerak dalam bidang pengembangan software komputer. Hingga akhirnya terbesit dalam pikirannya untuk dapat mendirikan perusahaan sendiri. Ia memiliki mimpi untuk memiliki perusahaan Internet sendiri. Pada tahun 2007, dari keinginannya dia mulai membangun Tokopedia. Ide untuk membangun Tokopedia itu datang ketika Wiliam menjadi moderator dalam forum online yang memiliki fasilitas jual beli, dari situlah ia mulai terinspirasi untuk menciptakan starup baru yang kemudian diberi naman Tokopedia.

Biografi CEO Tokopedia: Tokopedia Sukses

Usaha Mendirikan Tokopedia

Dari ide yang ia miliki, wiliam kemudian mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia, yang merupakan sebuah start up jual-beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli seluruh Indonesia dengan biaya gratis.

Untuk dapat membangun perusahaannya tersebut, Wiliam membutuhkan modal yang cukup besar. Hingga keadaan tersulit yang dialaminya ketika ayahnya divonis memiliki penyakit kanker sehingga ia menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarganya. Wiliam semakin bersemangat dan ia yakin jika idenya akan berhasil, Wiliam kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk mengemabngkan usahanya tersebut, mulai belajar dari Google dan Facebook yang didirikan melalui pendanaan untuk startup melalui perusahaan ventura (pemodal).

Wiliam Tanuwijaya kemudian berusaha mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk membantu memberikan modal ide yang ia miliki. Dari bos ditempat kerjanya hingga kenalan-kenalan teman bosnya. Ia menceritakan tentang ide besar yang ia miliki tentang Tokopedia. Ia menjelaskan, bahwa Tokopedia merupakan sebuah pasar online atau e-commerce tempat ebrtemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia, dan menjadi tempat untuk memasarkan produk-produk keseluruh Indonesia. Tokopedia juga menjadi perantara jual beli onlie yang aman bagi penggunanya. Sehingga dengan ide yang ia miliki dapat memecahkan masalah marketplace yang dialami Indonesia.

Selama dua tahun ia berusaha keras untuk mencari investor untuk mebiayai ide “Tokopedia” nya. Banyak para inverstor yang menanyakan pengalaman Wiliam Tanuwijaya dalam berbisnis, banyak juga yang menganggap bahwa mimpi yang ia miliki etrlalu tinggi. Dari sinilah ia berpikir, bahwa modal terpenting dalam sebuah usaha adalah Percaya. Sebab sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan orang lain, apalagi untuk memulai bisnisnya tersebut yang ia lakukan dari Nol.

Berdirinya Tokopedia

Hingga pada tahun 2009 usahanya untuk mendapatkan investor berhasil ia dapatkan. Hingga tepatnya pada tanggal 6 Februari 2009 Wiliam Tanuwijaya berhasil mendirikan Tokopedia, dan tepat pada hari kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 2009, Tokopedia tersmi diluncurkan ke publik setelah mendapatkan suntikan dana dari para investor dan juga bos dari tempatnya ia bekerja.

Bahkan Tokopedia mendapatkan penghargaan sebgai E-Commerce terbaik di Indoneisa dari Bubu Award.

Dari tahun ketahun Tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan dari para investor mengingat perkembangan dari Tokopedia sangar baik. Seperti East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013.

Bahkan pada akhir tahun 2014, Tokopedia semakin terus berkembang hingga ia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 juta Dollar dari Softbank Internet yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram.

Hingg saat ini Wiliam Tanuwijaya menjadi CEO Perusahaan Tokopedia dan rekannya Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia. Sampai sekarang Tokopedia terus berkembang pesat berkat usaha pantang menyerah yang dilakukan mereka berdua.

Biografi CEO Tokopedia: Gedung Tokopedia

Tinggalkan Balasan