Cara Agar UMKM Bisa Bertahan Saat Pandemi Virus Corona

Cara Agar UMKM Bisa Bertahan Saat Pandemi Virus Corona

UMKM Saat Pandemi virus corona memang membawa dampak yang sangat besar bagi seluruh dunia dan termasuk Indonesia. Dampak yang sangat besar dirasakan pada sektor ekonomi, namun jika dilihat dampak virus corona ini dapat menjadi kesempatan bagi kamu untuk menciptakan peluang usaha sendiri.

Saat ini perilaku belanja masyarakat mengarah pada layanan daring atau online, untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dari hasil riset Kantar pada bulan Febuari 2020 lalu, menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belanja daring atau online sebesar 32%. Hal ini disebabkan karena masyarakat yang mengurangi kegiatan dan aktivitas belanja di luar ruangan.

Berikut ini adalah cara untuk memulai dan juga mempertahankan bisnis UMKM, ditengah adanya pandemic corona.

Melakukan Inovasi Produk UMKM

Permintaan masker kain saat ini memang meningkat dengan adanya pandemi corona, sehingga ini membuat banyak brand fashion banting setir dan menciptakan produk – produk yang saat ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Membuat inovasi produk yang berdasarkan kebutuhan masyarakat, bisa menjadi satu strategi UMKM untuk bertahan di tengah wabah virus corona ini.

Saat ini banyak sekali UMKM dan brand – brand fashion ikut menciptakan produk baru yaitu seperti masker dan juga hand sanitzer. Hal ini mereka lakukan karena melihat banyak nya permintaan masyarakat untuk kedua barang tersebut. CEO Paxel Bryant Christianto mengatakan, permintaan akan makanan beku dari berbagai merek UMKM belakangan ini juga semakin meningkat dan populer.

Memperhatikan Standar Kualitas Produk

Karena banyak toko yang tidak bisa beroperasi ditengah adanya wabah virus corona, maka manfaatkan momen ini untuk membuat paket yang ekonomis supaya produk bisa bertahan. Meskipun ekonomis, kualitas bahan dan ukuran dari makanan tidak boleh berkurang.

Sehingga yang menjadi nilai penting adalah bagaimana mempertahankan produk kita dipasaran, bukan hanya untuk mencari keuntungan. Memperhatikan kualitas produk, adalah dengan memastikan produk dikirim dengan aman dan sampai ditangan konsumen dalam keadaan baik.

Memaksimalkan Layanan Pengiriman

Bisnis UMKM yang berada pada jalur daring atau online, harus juga dibarengi dan berkesinambungan dengan kebutuhan layanan logistik. UMKM bisa memanfaatkan layanan pengiriman di dalam hari yang sama, supaya produk bisa diterima dengan cepat oleh konsumen.

Dengan cara memaksimalkan penjualan dengan layanan pengiriman, bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk mempertahakan produk kita dipasaran. Usahakan untuk bisa mengirimkan produk, bukan hanya dikota terdekat namun juga kota lainnya.

Berikut adalah beberapa cara dalam mempertahankan UMKM ditengah adanya wabah virus corona ini, sehingga pelaku usaha harus lebih memperhatikan peluang – peluang yang ada ditengah pandemi ini. Terus melakukan inovasi dan bergerak dengan cepat agar tidak tertinggal oleh pasar. Jadi mulailah dari sekarang unutk membuat usaha yang menguntungkan.

Tinggalkan Balasan