6 Langkah Cepat Jago Main Futsal

Ingat taktik dan keadaan lapangannya yang lain, pemain futsal diharuskan mempunyai set kekuatan alias kemampuan pribadi yang lain dari pemain bola. Ini langkah yang bagus untuk kuasai dan mempertajam kemampuan olah fisik futsal Anda.

1. Passing

Dalam tiap permainan bola, tiap pemain harus kuasai tehnik mengumpan bola. Masalahnya tehnik mengumpan yang bagus mempunyai peran penting di dalam permainan futsal, karena selainnya untuk memimpin jalur laga, ini menolong beberapa pemain untuk membuat macam gempuran.

Langkah mengumpan bola dengan benar dan baik dalam tehnik passing futsal ini ada banyak jenis salah satunya, passing memakai segi kaki sisi dalam, luar dan dengan memakai tumit.

2. Tehnik Meredam bola Atau Kontrol

Di dalam permainan futsal, tehnik yang juga penting untuk terkuasai yakni kekuatan meredam atau mengatur bola. Controlling adalah tehnik dasar di dalam permainan yang dipunyai seorang pemain saat terima bola umpan dari temannya supaya sanggup disetop dan terkuasai secara baik. Kuasai tehnik ini untuk tingkatkan kemampuan bermain futsal Anda. Langkah mengatur bola yang betul dapat dilaksanakan dengan memakai kaki sisi dalam, sisi luar atau mungkin dengan telapak kaki sisi dalam.

Selainnya menggunakan kaki, pemain juga bisa mengatur bola dengan dada, paha dan anggota badan yang lain (selainnya tangan) untuk hentikan dan lakukan kontrol pada gerakan bola. Langkah kontrol bola yang tersering digunakan dalam laga ialah mengatur dengan telapak kaki, hingga kemampuan pemain untuk kuasai tehnik ini jadi hal yang mutlak diperlukan.

Makin bagus kekuatan pemain dalam mengatur bola secara benar, karena itu makin pendek jarak refleksi bola. Tempelkan bola sedekat kemungkinan dengan badan Anda hingga faksi musuh akan susah ‘mencuri’ dan merampas bola dari kepenguasaan Anda. Ada banyak panduan yang penting diamati dalam mengatur bola dengan kaki ketika bermain futsal, salah satunya ialah:

  • Pasang mata dan siaga pada arah tiba bola
  • Di saat bola akan mendekati Anda, masih tetap menjaga kesetimbangan
  • Supaya sanggup kuasai bola secara mudah, kerjakan kontrol dengan memakai telapak kaki (sole)

3. Bola Lambung

Pada laga futsal, tehnik ini hampir serupa seperti passing cuman perbedaannya berada pada chipping menggunakan kaki sisi atas ujung sepatu dan disepak berkenaan sisi bawah bola. Chipping ialah tehnik permainan yang sudah dilakukan untuk mengorbitkan bola supaya naik ke atas saat disepak dengan ujung kakinya hingga sanggup melalui pemain musuh.

Tehnik mengorbitkan bola ini bisa digunakan untuk mengumpan bola ke rekan satu team atau untuk mengelabuhi pemain saat bertemu satu musuh satu dan juga bisa untuk menyarangkan bola ke gawang musuh saat bertemu langsung dengan kiper.

  • Status bola ada di depan kita
  • Taruh kaki yang jadi sandaran dari sisi bola
  • Kaki untuk menyepak tarik ke belakang lalu ayunkan di depan
  • Saat lakukan sepakan taruh ujung kaki di bagian bawah bola
  • Ayunkan dan angkatlah bola di depan
  • Diamkan pergerakan kaki masih tetap mengayun di depan ikuti arah bola

4. Dribbling

Dribbling ialah tehnik dasar di dalam permainan di mana seorang pemain mempunyai kekuatan dalam kuasai bola untuk mengelabui rivalnya. Tehnik membawa bola pada futsal atau sepak bola dapat dilaksanakan dengan lari, jalan, berputar-putar atau membelok dengan kekuatan yang dipunyainya supaya janganlah sampai musuh bisa merampas bola dari kepenguasaan kita. Di saat laga berjalan tehnik dribbling diperlukan untuk melalui pemain musuh dan arahkan bola ke arah ruangan kosong dan buka kesempatan untuk lakukan sepakan ke gawang.

Kepenguasaan pada tehnik dribbling secara baik sebagai seni tertentu saat bermain futsal di mana kelenturan dan kesetimbangan mutlak dibutuhkan oleh tiap pemain. Langkah untuk lakukan tehnik dalam membawa bola (dribbling) secara baik ada banyak tehnik yakni:

Dribbling Dengan Kaki Segi Luar

Langkah membawa bola memakai tehnik kaki sisi luar ini dilaksanakan untuk memperdayai pemain musuh ke samping kiri atau kanan pemain, bergantung kaki yang dipakai. Bila seorang menggunakan kaki kanan sisi luar karena itu ia dapat mengelabui ke kanannya yakni ke samping kiri dari pemain musuh dan begitupun kebalikannya.

Dribbling Dengan Kaki Segi Dalam

Dalam permainan futsal seorang pemain bisa mengelabui rivalnya dengan memakai tehnik membawa bola ini ke samping kiri bila ia memakai kaki kanan sisi dalam atau di samping samping kanan dari pemain musuh, begitupun kebalikannya.

Dribbling Dengan Punggung Kaki

Langkah membawa bola memakai sisi punggung kaki ini biasa dilaksanakan bila pada keadaan musuh ada pada jarak yang lumayan jauh dan tidak merintangi pergerakan Anda. Tetapi langkah ini kurang demikian efisien untuk mengelabuhi musuh ke samping kanan atau samping kiri. Ada banyak panduan dan langkah lakukan tehnik dribbling secara baik yang penting jadi perhatian oleh pemain, salah satunya ialah:

  • Sedapat mungkin untuk selalu kuasai bola dan jaga jarak dengan pemain musuh.
  • Masih tetap jaga kelenturan dan kesetimbangan badan saat lakukan gocekan.
  • Sentuh bola dengan memakai sisi telapak kaki secara berkaitan.
  • Penglihatan pemain tetap harus konsentrasi saat bersinggungan dengan bola.
  • Selalu siap dalam memperhitungkan gerakan musuh untuk merampas bola dari kepenguasaan kita.

5. Tehnik Tembakan

Dalam laga futsal sangat penting untuk pemain mempunyai kekuatan tembakan yang bagus khususnya untuk pemain yang ada pada status depan. Tehnik tembak bola ialah tehnik dasar dengan lakukan sepakan keras ke gawang dengan arah untuk cetak gol. Ini memerlukan sepakan tepat supaya hasilkan status bola yang terukur pada lokasi yang susah dicapai oleh penjaga gawang. Kuasai tehnik ini untuk tingkatkan kemampuan futsal Anda seperti Falcao.

Untuk lakukan tembakan keras dapat dilaksanakan dengan memakai kaki sisi luar atau pada dalam status di dekat ujung kaki. Disamping itu bisa juga menggunakan punggung kaki sebagai alternatif lain saat lakukan tembakan dan dapat pemain memakai ujung kaki atau sepatu yang mana ini dapat hasilkan sepakan yang kuat dengan arah bola lempeng di depan. Perlu sebuah usaha latihan yang serius saat lakukan tehnik tembakan ini supaya sepakan keras dan bola meluncur secara cepat.

6. Tidak Boleh Acuhkan Tehnik Heading

Dalam permainan futsal tehnik heading tidak sering dipakai sepanjang laga berjalan karena ukuran lapangannya yang kecil hingga lebih memimpin bola-bola bawah lewat umpan pendek antara pemain.

Tetapi walau bagaimanapun tehnik sundul bola ini penting untuk terkuasai oleh beberapa pemain futsal di saat mainkan bola atas seperti saat bola membumbung di atas kepala baik itu untuk mengumpan ke rekan satu teamnya atau untuk menyarangkan bola ke gawang.

Tehnik Heading Yang penting Saat Lakukan Tandukan Bola

  • Tiap pemain perlu mengetahui jika mereka lakukan tandukan bola bukan ditubruk oleh bola.
  • Setiap pemain harus ketahui langkah sundul bola yang betul dengan memakai dahi bukan sisi ubun-ubunnya.
  • Pemain masih tetap buka matanya saat lakukan tandukan untuk pastikan bola di sundul memakai dahinya.
  • Gigi dirapatkan, otot leher dikencangkan dan taruh status kepala pemain secara benar supaya tandukan lebih tajam dan tepat.
  • Kerap lakukan latihan hasilkan kualitas tandukan yang berkualitas, tepat dan terukur di titik target.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.