Histori Dan Peraturan Saat Kick-Off Sepak Bola

Kick-off atau sepak mula yaitu sisi penting dalam suatu kompetisi olah fisik sepak bola. Kick-off pun dikatakan dengan makna sepakan pembuka atau sepak awalan. Di permulaan kompetisi, sepakan diawali pada lapangan tengah oleh 2 orang pemain yang dikatakan kick-off. Mulanya, kick-off mesti dikerjakan oleh dua pemain dari 1 klub serta penendang pertama mesti menyepak bola menuju depan atau menuju lokasi permainan musuh.

Akan tetapi di 2016, Tubuh Perserikatan Sepak Bola Internasional (IFAB) mengedit peraturan itu maka saat ini kick-off dapat dikerjakan oleh seorang pemain saja yang dapat menyepak bola menuju mana pun dalam lokasi permainan. Tentang hal, dalam Laws of The Permainan IFAB, kick-off dikerjakan buat mulai sesi kompetisi, sesi ekstensi (ekstra time), serta awalan permainan sepak bola seusai berlangsung gol. Alat yang dipakai buat mulai kick-off yaitu pluit. Walaupun tampak simple, kick-off dalam sepak bola punya histori cukuplah panjang.

Histori Kick-Off

Inggris yang mengakui diri selaku penemu sepak bola kekinian punya andil penting dalam kemajuan peraturan kick-off. Sebelumnya 1863, suatu kompetisi sepak bola diawali terlebih dulu dengan lemparan di lapangan tengah yang telah dilakukan dengan seseorang petinggi netral (wasit).

Kick-off lewat cara melemparkan bola ke tanah di lapangan tengah pun tercantum di ketetapan Surrey Football Tim yang diluncurkan di 1849. Perserikatan Sepak Bola Inggris (FA) membuat ketetapan yang dikatakan FA Laws yang memastikan kalau klub yang menangi undian coin atau coin tos lah yang punya hak melaksanakan kick-off.

Pemain musuh mesti ada di jarak 10 yards dari bola hingga bola itu disepak. Ketetapan bab klub yang melaksanakan kick-off sekian kali merasakan pengubahan hingga di 2019, IFAB memastikan kalau klub yang menangi coin tos mendapat alternatif melaksanakan kick-off atau memutuskan maksud membuat gol di sesi pertama.

Peraturan Kick-Off

Ketetapan tentang kick-off dirapikan dalam Laws of The Permainan IFAB pada sisi Law 08 yang menampung peraturan bab awalan (start) serta re-start kompetisi.

Saat Kick-Off:

  • Bola mesti dimasukkan di titik lapangan tengah
  • Bola pada situasi diam seluruhnya di titik itu sewaktu kick-off dikerjakan
  • Semuanya pemain dari ke-2  klub, terkecuali yang ambil kick-off, ada di atas lapangan permainan semasing
  • Pemain musuh mesti ada sekurang-kurangnya 10 yards (9,15 mtr.) hingga bola itu disepak atau dimainkan
  • Kick-off dimulai oleh tanda berwujud tiupan pluit dari wasit
  • Permainan jalan seusai bola bergeser dari titik lapangan tengah
  • Gol yang berlangsung gara-gara sepakan kick-off tuju gawang klub yang terima dapat dikira resmi
  • Apabila bola dari kick-off bergeser masuk ke gawang klub penendang jadi menimbulkan tendangan pojok buat klub musuh
  • Sewaktu gol jatuh dalam kompetisi sepak bola kompetisi mulai dengan kick-off di lapangan tengah

Mekanisme Melaksanakan Kick-Off:

  • Klub yang menangi undian atau coin tos punya hak pilih untuk melaksanakan kick-off atau memutuskan maksud membuat gol di sesi pertama
  • Apabila klub juara coin tos memutuskan maksud membuat gol di sesi pertama, jadi klub musuh bakal melaksanakan kick-off
  • Setelah itu, klub yang menangi coin tos bakal melaksanakan kick-off buat mulai sesi ke-2
  • Di sesi ke-2 , ke-2  klub berganti tempat serta menyerbu dengan maksud terbalik
  • Sewaktu satu klub membuat gol, kick-off dikerjakan oleh klub musuh (klub yang kebobolan)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.