Pedometer untuk Olahraga Jalan Kaki SehatQ

Jalan kaki bisa menjadi pilihan olahraga saat ini. Banyak orang yang menyempatkan untuk berjalan kaki di pagi atau sore hari. Olahraga ini mudah dan murah, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun bagi Anda yang menjadi jalan kaki sebagai kebiasaan, mungkin alat bernama pedometer atau penghitung langkah kaki harus Anda miliki.

Pedometer untuk Olahraga Jalan Kaki Sehat
Pedometer untuk Olahraga Jalan Kaki Sehat

Fungsi Pedometer

Alat ini memiliki beberapa fungsi yang dibutuhkan oleh pecinta olahraga jalan kaki. Adapun fungsi alat olahraga ini sebagai berikut:

  1. Menghitung langkah kaki.
  2. Menambah aktivitas fisik.
  3. Mengurangi tekanan darah.
  4. Mengurangi indeks massa tubuh.

Fungsi-fungsi tersebut mungkin bisa berbeda tergantung dari jenis alatnya. Semakin canggih sebuah pedometer, maka fungsinya akan semakin lengkap. Fungsi ini jugalah yang harus menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli alat tersebut.

Cara Memilih Pedometer

Selain melihat fungsinya, ada juga hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum membeli pedometer. Bagaimana cara memilihnya? Berikut ini review dan penjelasannya.

Perhatikan akurasinya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat membeli alat ini yaitu lihat akurasinya. Sebagai alat elektronik, bagian ini menjadi perhatian yang tidak boleh dilewatkan. Ketika alat elektronik yang sudah tidak akurat, maka hasil perhitungannya juga menjadi bias.

Untuk mengetes apakah alat hitung langkah kaki ini akurat atau tidak, Anda bisa membandingkan dengan perhitungan manual. Misalnya saat Anda sedang olahraga jalan kaki, hitung langkah kaki secara manual kemudian bandingkan dengan angka yang muncul di alat hitung tersebut. Lakukan cara tersebut beberapa kali. Apabila sama berarti alat tersebut akurat.

Ketahui daya baterai

Pedometer umumnya dioperasikan dengan menggunakan baterai. Maka dari itu, kekuatan atau daya baterai penting untuk diperhatikan. Biasanya keterangan tentang daya tahan baterai ada di box alat itu. Namun tak ada salahnya, Anda juga bertanya kepada penjualnya langsung.

Ketika daya baterai tahan lama, maka penggunaan alat akan lebih efisien. Terlebih untuk Anda yang biasa menggunakan alat ini dalam waktu yang lama. Baterai kuat menjadi hal yang penting untuk Anda.

 Perhatikan fitur yang tersedia

Sejatinya pedometer bukanlah alat baru. Sudah sejak dahulu orang menggunakan alat penghitung langkah kaki ini. Namun semakin berkembang teknologi, alat ini juga ikut bertransformasi.

Ketika Anda ingin membeli alat ini, pastikan Anda sudah memahami fitur apa saja yang tersedia. Saat ini alat hitung langkah kaki sudah banyak yang menghadirkan perhitungan kalori dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kondisi fisik. Fitur tersebut sangat penting, sebab bisa membantu Anda mengetahui kondisi fisik saat olahraga.

Perhatikan tampilan layarnya

Alat ini ukurannya cukup kecil. Biasanya mirip seperti jam tangan. Maka dari itu, saat hendak membelinya pastikan Anda memilih alat yang tampilannya mudah dilihat. Jangan pilih pedometer yang angkanya terlalu kecil atau layarnya terlalu gelap. Karena hal tersebut akan mempersulit Anda saat menggunakannya.

Pilihan Pedometer Terbaik

Menemukan pedometer tidaklah sulit. Saat ini sudah banyak yang menjual alat olahraga ini. Bagi Anda yang masih bingung memilih alat penghitung langkah kaki terbaik, berikut ini kami rekomendasikan beberapa merek pedomter khusus untuk Anda.

Omron Alvita HJ – 321

Informasi yang ada di alat ini cukup jelas dan mudah dipahami. Ada fitur untuk membedakan langkah kaki biasa dengan langkah kaki berintensitas tinggi.  Fitur lain di Omron Alvita HJ – 321 yaitu bisa mencatat jarak tempuh, kalori, dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga tersebut. Alat ini juga dilengkapi dengan teknologi Tri Axis yang mempermudah Anda sebagai pengguna.

Omron Alvita HJ – 320

Masih dari merek yang sama, namun tipenya berbeda. Fitur alat ini lebih sederhana dan harganya juga lebih murah. Meskipun fiturnya tak selengkap tipe sebelumnya, namun Omron Alvita HJ – 320 masih dilengkapi Tri Axis untuk menjaga akurasinya.

Decathlon Onwalk 100

Alat ini memiliki bentuk seperti kunci besar, sehingga mudah dipasang di mana saja termasuk tas. Fiturnya cukup lengkap dan akurasinya juga tinggi. Di pasaran harga alat ini sekitar Rp 125 ribu.

Germin Vivofit 4

Pedometer yang satu ini merupakan yang paling canggih dan mewah dibandingkan dengan tiga alat sebelumnya. Baterainya tahan lama dan fiturnya juga lengkap. Beberapa fitur yang dimiliki antara lain; menghitung langkah kaki,  menghitung kalori, mencatat pola tidur.

Alat ini juga tahan air, jadi jangan khawatir apabila Anda sedang olahraga lalu kehujanan atau tak sengaja tersiram air. Harga alat ini mulai dari Rp 999 ribu, namun sebanding dengan fiturnya yang lengkap.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.