Pilihan Jenis – Jenis Kayu Yang Anti Rayap

Pilihan Jenis – Jenis Kayu Yang Anti Rayap

Memilih jenis kayu yang anti rayap sebelum membuat rumah atau furnitur, adalah menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar perabot kamu bisa awet. Ini adalah sebuah tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kerugian yang besar, karena masalah rayap yang bersarang dirumah kamu di waktu mendatang.

Rayap adalah salah satu jenis hama yang sangat merugikan, rayap hidup secara berkoloni dan sifatnya merusak rumah, furnitur, dan dinding. Rayap tidak hanya menyerang rumah yang kecil saja, namu juga pada bangunan yang besar. Mereka akan menghancurkan perabotan kamu yang terbuat dari kayu selama bisa memakan selulosa yang ada di dalam kayu.

Kamu bisa menggunakan Jasa Anti Rayap agar rumah terbebas dari serangan rayap. Karena keberadaan rayap tidak dapat terdeteksi dengan cepat, sehingga baru setelah ada efek yang besar dan terlihat merugikan kita baru akan menyadari adanya keberadaan rayap. Sehingga kamu harus mengetahui jeni – jenis kayu yang tahan terhadap rayap.

5 Jenis Kayu Anti Rayap

  1. Kayu Jati

Sudah bukan rahasia jika kayu jati adalah kayu idaman dan favorit orang – orang meskipun harganya mahal. Harga kayu jati yang terbilang mahal sepadan dengan tingkat kekuatan dan ketahanannya terhadap rayap. Kayu jati juga aman dari air dan tidak mudah berjamur saat ditempatkan pada area yang lembap. Biasanya kayu jati dimanfaatkan untuk membuat furnitur seperti kursi, meja, lemari dll. Salah satu bukti ketahanan dan kekohonannya adalah pada penggunanannya pada bahan dan barang antic.

  1. Kayu Sengon

Kayu sengon memiliki karakteristik kokoh dan memiliki tingkat pertumbuhan paling cepat di dunia dengan tinggi sampai 7 meter. Bukti bahwa kayu sengon tahan terhadap rayap adalah pemanfaatannya dalam membuat peti kemas, papan artikel, dan papan lapis.

  1. Kayu Merbau

Kayu merbau yang memiliki kemiripan dengan kayu jati ini memang belum bisa menandingi kayu jati. Kayu merbau cocok untuk ditanam pada area hutan hujan tropis, memiliki ciri – ciri kayu yang kuat dengan warna cokelat kemerahan yang khas. Meskipun harga kayu merbau terpaut dibawah kayu jati, namun kayu merbau ini dimanfaatkan untuk membuat perabot minimalis karena kekuatannya dan ketahanannya akan rayap.

  1. Kayu Ulin

Kayu ulin ini berasal dari Kalimantan, kayu ulin ini ditemukan tumbuh secara berkelompok di dalam hutan. Karakteristik kayu ulin ini adalah kulitnya licin dan memiliki tekstur yang kasar. Lalu bau kayu ini sangat khas dan sangat sulit untuk dipotong karena kayunya yang keras. Kayu ulin termasuk kedalam flora yang sangat dilindungi karena sering di eksploitasi.

  1. Kayu Sonokeling

Kayu ini memiliki karakteristik berwarna hitam keunguan dan memiliki tekstur yang indah. Kayu ini memiliki harga yang ekonomis sehingga bisa menjadi solusi untuk kamu yang membutuhkan perabot yang tahan lama denga harga terjangkau.

Setelah kamu sudah memilih kayu sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu juga harus membuat kayu pilihan kamu tahan rayap dengan melapisinya dengan obat anti rayap. Cara ini diklaim mampu membuat umur kayu yang rentan dengan rayap akan menjadi lebih panjang, contohnya seperti kayu mahoni.

Tinggalkan Balasan