Tips Belajar dari Rumah agar tidak bosan!

Di Zona Merah Siswa dan Guru Tetap Belajar Jarak Jauh
Sampai saat ini, virus Corona COVID-19 masih menghantui masyarakat dunia. Tak hanya karena jumlah kasusnya yang terus naik, tetapi cara penularannya pun semakin bervariasi sehingga membuat masyarakat khawatir.

Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa penyebaran virus Corona bisa terjadi melalui udara. Dalam pedoman terbarunya yang dirilis di laman resminya, WHO akhirnya memasukkan udara sebagai salah satu transmisi atau cara penularan virus Corona.

Penyebaran Covid-19 (virus Corona) yang juga belum usai di Indonesia, membuat banyak orang harus berada di rumah, termasuk untuk belajar. Kegiatan belajar dari rumah tetap bisa dilakukan melalui berbagai layanan internet.

Meskipun demikian, banyaknya aktivitas di rumah terkadang menimbulkan kebosanan. Para pelajar pun harus menyiasati agar aktivitas di rumah tidak membosankan.

Tips Belajar dari Rumah

Berikut ini tips agar kegiatan belajar dari rumah agar tidak mudah bosan dan justru menyenangkan:

1. Mengatur Jadwal Belajar

Tips Belajar dari Rumah, Mengatur

 

Sebagai pelajar/mahasiswa, kewajiban belajar tetap harus dipenuhi karena berada di rumah bukan berarti sedang berlibur. Buatlah jadwal belajar layaknya sekolah seperti hari biasa.

Mulailah belajar pada jam seperti saat kalian di sekolah. Begitu juga dengan pelajaran yang harus dipelajari, harus disesuaikan dengan mata pelajaran yang berlaku.

2. Menggunakan aplikasi belajar

Untuk mempermudah kegiatan beajar dari rumah, bisa menggunakan aplikasi belajar online yang saat ini banyak tersedia di toko aplikasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyiapkan untuk anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU), layanan belajar online gratis, yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemdikbud.go.id, yang dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar Indonesia.

Atau menggunakan aplikasi berbayar seperti Zenius, Ruangguru, dan lain-lain. Untuk saat ini banyak orang yang memberikan penjelasan video secara gratis dari Youtube.

5 Aplikasi Belajar Online di HP Android GRATIS

 

3. Menikmati hiburan

Setelah selesai melaksanakan belajar secara online, tidak ada salahnya jika menikmati hiburan dengan streaming musik ataupun streaming video.

Bagi yang suka bermain games mobile, hal ini juga bisa dilakukan setelah kewajiban belajar dilakukan. Namun, jangan lupa untuk membatasi kegiatan di dunia maya tersebut dengan tidak terlalu mengaksesnya, dan selalu ingat waktu untuk menikmati hiburan tersebut. Ada kalanya harus istirahat agar tidak terlalu lelah.

How to Stop Playing Video Games, A Complete Guide | Freedom Matters

4. Tetap terhubung dengan teman

Tetap berada di rumah, bukan berarti tidak bisa terhubung dan berkomunikasi dengan teman-teman sekolah. Saat ini, banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk bisa berkomunikasi.

Kalian tetap bisa berkirim pesan atau pun melakukan panggilan baik suara maupun video untuk berbincang dengan teman. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi kabar.

WhatsApp bakal bisa untuk video call 50 orang - ANTARA News

5. Cermat memilih paket data

Harga Paket Kuota Data Termurah

Selama belajar dari rumah, atau bekerja dari rumah karena pandemi Covid-19, tentu kuota data yang dibutuhkan menjadi lebih banyak dibandingkan biasanya. Beberapa operator seluler juga telah melaporkan peningkatan penggunaan layanan data karena hal tersebut. Saat ini yang paling digemari oleh banyak orang yaitu Paket internet unlimited.

Paket internet unlimited ini salah satu paket pilihan internet yang banyak dipilih para pelanggan operator seluler. Pasalnya paket ini dapat dinikmati pengguna layanan internet, tanpa perlu memikirkan kuota.

Sehingga tidak mengherankan sejumlah operator menghadirkan paket internet unlimited, seperti Smartfren, Indosat, dan juga Tri. Ketiga operator ini memiliki paket tanpa batas yang ditawarkan kepada penggunanya, mulai dari pilihan harga, apa saja yang dapat diakses serta kecepatan yang ditawarkan masing-masing operator.

Nah dari tiga operator ini, siapa yang benar- benar memberikan kuota internet ‘tanpa batas’, seperti namanya, unlimited. kita bahas satu persatu ya, berikut ulasannya.

Smartfren
Pertama Smartfren, operator ini memiliki paket unlimited yang cukup beragam, mulai dari tahunan, bulanan, mingguan, hingga harian. Harga yang ditawarkan bisa dipilih-pilih penggunanya, mulai dari Rp. 9.000,- hingga Rp. 100.000,- tergantung dari masa berlakunya.

Pelanggan paket unlimited Smartfren diberikan akses menelepon gratis ke sesama pengguna dan menelepon gratis ke nomor pelanggan operator lain untuk beberapa menit. paket Unlimited Smartfren juga menghadirkan beragam pilihan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari batas pemakaian wajar 500MB seharga Rp. 50.000,- perbulan, 1GB seharga Rp. 75.000,- perbulan, hingga 1,5 GB per hari seharga Rp 100.000,- perbulannya.

Indosat
Kemudian Indosat, paket dengan nama Unlimited 3GB itu dibanderol dengan harga Rp 62 ribu, jika dibeli di toko retail. Untuk pembelian melalui e-commerce atau online shop, harganya dapat lebih murah.

Data internet yang bisa digunakan utamanya adalah 3GB, Indosat menambahkan bonus data sebanyak 15GB, dan bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu, beberapa di antaranya WhatsApp, Facebook, Twitter, FB Messenger.

TRI
Tri memiliki paket unlimited, yakni AlwaysOn Unlimited 6GB seharga Rp55.000 dari Tri, dan merupakan paket internet dengan dua kuota di dalamnya.

Pertama adalah kuota++ 6Gb sebagai kuota utama. Kuota utama ini memiliki masa berlaku yang panjang mengikuti masa berlaku kartu. Jadi, kuota ini dapat terakumulasi dan dipakai hingga jangka waktu tahunan, tidak seperti kuota biasa yang kadaluarsa setelah satu bulan. Kuota ini bisa digunakan di seluruh jaringan Tri di Indonesia.

Kedua adalah kuota unlimited. Kuota ini dapat digunakan pengguna dari jam 01.00 hingga jam 17.00. Kuota unlimited diberikan 2GB setiap hari hari sesuai dengan Batas pemakaian wajar pengguna. Kuota unlimited ini akan diperbaharui/refresh setiap harinya, sehingga pengguna tidak perlu khawatir paket ini tidak bisa digunakan di tengah bulan.

Tinggalkan Balasan